Sunday 5 April 2015

Mengetahui Kriteria Cat Yang Berkualitas Baik

Kebanyakan dari konsumen cat memilih produk cat yang dibelinya berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya saja seorang konsumen lebih percaya pada suatu merk "A", sehingga apapun kebutuhan catnya dia selalu memilih produk keluaran merk "A" tersebut. Lain halnya dengan konsumen yang mementingkan harga. Konsumen jenis ini selalu mencari produk yang lebih murah harganya. Apapun kebutuhan catnya yang terpenting faktor harga menjadi penentu utama dalam memilih cat. Lalu apakah ini salah? Tidak!



Setiap konsumen bebas memilih kriteria mana saja yang akan dia ambil dalam membeli sebuah cat. Dari sekian banyak kriteria jarang sekali konsumen mengetahui apa saja kriteria yang dimiliki oleh sebuah produk cat yang baik. Ini begitu penting karena dengan terpenuhinya kriteria ini, maka kriteria atau faktor lainnya pun bisa mengikuti. Dalam memilih sebuah produk cat yang baik setidaknya kriteria inilah yang harus anda perhatikan, antara lain:

Memiliki Daya Rekat yang Baik
Syarat utama sebuah produk cat yang baik adalah memiliki daya rekat yang baik. Cat ini bisa merekat dan melapisi bahan yang akan dicat dengan baik dan tidak mudah mengelupas. Jika jaman dulu orang melumuri tembok dengan larutan kapur, maka seiring dengan teknologi, ditambahkan zat lekat (binder) untuk memperkuat daya rekat sehingga hadirlah cat yang berfungsi melapisi sebuah benda. Daya rekat ini ditentukan oleh kualitas lem (binder) dalam bahan baku cat yang dibuat. Semakin baik kualitas dan kuantitas binder yang digunakan maka semakin baik pula daya rekat cat tersebut.

Dinding yang mengapur akibat cat yang daya rekatnya buruk
Sering kita menemukan dinding yang catnya mengelupas atau mengapur. Jika kita gosok dinding tersebut dengan tangan maka akan menempel serbuk putih atau warna dari cat tersebut. Ini merupakan indikator bahwa cat tersebut sudah rusak atau tidak memiliki daya rekat yang baik. Cat yang memiliki daya rekat yang baik akan tahan terhadap gosokan sikat sekalipun.

Mudah Dipakai
Cat yang berkualitas baik harus mudah diaplikasikan pada benda yang akan dicat. Biasanya cat diaplikasikan menggunakan kuas, roll, atau spray. Agar bisa diaplikasikan pada benda, cat tidak boleh terlalu kental juga tidak boleh terlalu encer. Namun produsen cat biasanya menganjurkan untuk mengencerkan cat dengan pelarut yang sesuai maksimal 10% untuk mempermudah penggunaan cat pada benda.

Cat Yang Terlalu Encer akan sulit dipakai
Jika cat terlalu encer, cat akan sulit menempel karena akan terus meleleh ketika diaplikasikan pada benda secara vertikal. Begitu pula pada cat yang terlalu kental, akan sulit mengaplikasikan cat secara merata dan juga konsumsi cat akan boros jika cat terlalu kental

Dapat Menutup Permukaan Dengan Mudah dan Rata
Cat yang baik akan dengan mudah menutup warna dinding sebelumnya dengan rata. Namun hal ini juga tergantung dari warna cat yang digunakan. Biasanya cat dengan warna bright, warna tua akan sulit menutup karena formula yang digunakannya berbeda. Mungkin membutuhkan beberapa lapisan baru bisa menutup dengan sempurna.  Lain halnya dengan cat yang memiliki warna pastel atau warna muda. Cat ini lebih mudah menutup permukaan sebelumnya dengan merata. Satu atau dua lapis cat dengan kualitas baik akan bisa menutup permukaan dinding dengan baik.

Cat yang baik bisa dengan mudah menutup permukaan sebelumnya

Memberi Perlindungan
Satu lagi yang sering terlupakan adalah cat harus bisa memberikan perlindungan. Perlindungan yang dimaksud disini adalah perlindungan dari cuaca, lumut, dan jamur. Indonesia adalah negara tropis dimana daerahnya memiliki dua musim, yakni musim penghujan dan musim kemarau. Hal ini membuat dinding rumah di daerah ini lebih rentan terhadap serangan jamur dan lumut terutama di musim penghujan. Jamur dan lumut akan mempercepat pengrusakan dinding. Dinding menjadi kusam, kotor, dan rapuh sehingga mudah sekali rontok. Kebanyakan dari konsumen lupa akan kriteria ini karena lebih mementingkan warna dari cat tanpa memperhatikan fungsi perlindungannya. Padahal dengan perlindungan ini anda bisa memperindah sekaligus melindungi rumah anda agar bisa tampil baik tahan lama.

Cat yang buruk tidak mampu melindungi dinding dari jamur dan lumut
Memiliki Kualitas Yang Konsisten
Kualitas yang konsisten mutlak diperlukan. Ini sering terjadi saat anda mengecat dinding yang cukup luas dan memerlukan lebih dari satu kaleng cat. Ketika anda menggunakan cat di kaleng kedua, cat tersebut harus memiliki warna yang sama dengan cat di kaleng pertama. Jika cat tidak memiliki kualitas yang konsisten anda pasti memiliki dinding rumah yang belang.

Artikel Terkait

Mengetahui Kriteria Cat Yang Berkualitas Baik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar

14 January 2016 at 01:42 delete

Trimaksih tipsnya gan...jadi pngen coret"rumah ane....
Tp cat tembok yg buat lukis yg bagus merk apa y n satu kalengnya harga brp...mksih..

Reply
avatar
22 September 2016 at 08:57 delete

mungkin produk asian paints bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih cat nya gan,,,bisa dipilih tractor emulsion...itu bagus,ane sudah coba...

Reply
avatar
18 February 2017 at 11:19 delete

matur tengkyu gan artikelnya. Untuk mendapatkan bahan-ban cat tembok dimana yah gan?

Reply
avatar