Tuesday 17 May 2016

Mengenal Cat Glow in The Dark

Bahan Glow in The Dark (berpendar dalam kegelapan) sudah dikenal bertahun-tahun dan sering disebut dengan nama luminescent. Bahan ini merupakan pigmen dan sudah banyak diterapkan pada bahan-bahan seperti plastik. Awalnya, bahan ini menggunakan senyawa seng sulfida yang memiliki waktu bercahaya yang singkat. Namun seiring berjalannya waktu, bahan ini terus dikembangankan sehingga memiliki waktu berpendar (bercahaya) yang relatif lebih lama seperti yang ada pada mainan anak-anak dan juga wall stiker berbentuk bintang-bintang yang banyak beredar sekarang.



Salah satu aplikasi lain dari bahan glow in the dark ini adalah pada komposisi cat. Cat yang bisa berpendar dalam kegelapan (glow in the dark) sangat berguna sebagai penunjuk arah, penanda jalan (marka jalan). Namun selain itu ada banyak kegunaan lain dari cat glow in the dark seperti penanda jalan darurat atau tanda bahaya saat gelap.

Komposisi cat glow in the dark ini sebenarnya sederhana. Cat glow in the dark biasanya mengandung resin latex, pelarut, pigment yang mengandung bahan luminescent, dan bahan lain yang bisa membuat semua bahan tersebut stabil, berbentuk kental dan dapat diaplikasikan dengan mudah.

Sebagai contoh, berikut adalah formula untuk membuat cat glow in the dark water base (berbahan dasar air) yang bisa anda coba. Anda bisa cari bahan-bahan nya di toko bahan kimia sesuai merk dagang atau deskripsi kimia nya. Namun harga pigment luminescent ini masih relatif mahal sehingga harga jual cat ini juga masih tinggi di pasaran. Rata-rata cat glow in the dark dijual dengan harga 900.000 hingga satu juta rupiah untuk satu liternya.



Formula Cat Luminescent (Glow In The Dark)




Langkah 1
Siapkan sebuah wadah stainless steel yang benar-benar bersih. Masukkan 50% acrylic polimer ke dalam wadah, lalu mix secara perlahan (low speed). Sambil dimix dengan kecepatan rendah, tambahkan propylene glycol, wetting agent, dan surfaktan. Mix low speed selama 5 menit

Langkah 2
Tambahkan Titanium Dioxide, mix medium speed selama 10 menit
Tambahkan Calcium Carbonate, mix medium speed selama 10 menit
Pastikan semua filler, powder sudah homogen

Langkah 3
Tambahkan thickener, lanjutkan mix selama 10 menit
Tambahkan anti foam dan amonia, mix low speed selama 10 menit. Jaga suhu agar tidak lebih dari 40 derajat celcius

Langkah 4
Tambahkan air dan sisa 50% acrylic polimer
Tambahkan methylated spirit, mix low speed selama 5 menit
Terakhir tambahkan texanol, mix hingga benar-benar homogen. Jika dirasa terlalu kental, tambahkan air secukupnya

Gunakan wadah plastik untuk menyimpan cat yang sudah dibuat.

Bahan-Bahan yang dipakai dalam formula tersebut bisa anda cari sesuai merk dagangnya. Jika anda sulit menemukan, anda bisa cari bahan kimia merk lain dengan fungsi yang sama.

Artikel Terkait

Mengenal Cat Glow in The Dark
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

6 April 2017 at 10:04 delete

Mohon diinformasikan jika ada untuk nama toko yang menjual bahan bahan tersebut diatas utk daerah di Solo, Jogja atau Semarang?

Reply
avatar