Wednesday 13 May 2015

Tips Untuk Ruang Tamu Yang Sempit


Salah satu problem yang sering dihadapi keluarga yang baru memiliki rumah adalah bagaimana membuat ruang tamu yang nyaman namun tetap terlihat menawan. Perumahan di perkotaan dengan luas lahan terbatas seringkali mengorbankan ukuran ruang tamu. Ukuran ruang tamu menjadi sedikit sempit dan mau tidak mau ini harus disiasati, terutama bagi anda yang mempunyai banyak kolega yang sering berkunjung ke rumah anda. Tentunya anda tidak ingin membuat kesan buruk ketika mereka berkunjung ke rumah anda bukan? Lalu perubahan apa yang bisa anda lakukan agar ruang tamu yang sempit bisa menjadi berfungsi lebih optimal?

Mulailah dengan warna
Mulailah berpikir tentang warna apa yang akan anda pakai untuk melapisi dinding ruang tamu anda. Warna ini haruslah membuat ruang tamu anda menjadi terkesan luas dan membuat tamu betah berada di sana. Jangan terlalu jauh memikirkan dua jenis warna. Untuk ruang tamu sempit, satu jenis warna yang tepat sudah cukup membuat perubahan besar bagi ruang tamu anda.

warna yang tepat sudah cukup membuat perubahan besar bagi ruang tamu anda

 Walaupun warna merupakan selera si pemilik rumah, namun anda juga harus memikirkan tentang persepsi orang mengenai warna tersebut. Sebagai pertimbangan anda bisa menggunakan warna cerah untuk ruang tamu anda karena warna ini bisa memberikan efek luas, lega bagi ruang tamu yang sempit. Warna cerah ini bisa anda kembangkan menjadi beberapa pilihan warna yang bisa anda padupadankan dengan warna perabotan yang akan anda tempatkan di ruang tamu anda

Pikirkan Jenis Barang di Dalamnya
Hal selanjutnya untuk memaksimalkan ruang tamu anda adalah, memilah jenis barang yang akan ditempatkan di ruang tamu anda. Ini akan menjadi pilihan berat ketika anda harus menyisihkan salah satu dari dua jenis barang yang memiliki fungsi sama di ruang tamu yang berukuran sempit. Mau tidak mau harus ada masing-masing satu jenis barang dengan fungsi yang berbeda-beda untuk memaksimalkan ruang tamu anda.

tidak perlu terlalu banyak barang, yang penting ruang tamu anda berfungsi optimal

Anda bisa menempatkan, sofa, meja kecil, TV dengan rak dibawahnya yang bisa berfungsi untuk menyimpan beberapa benda, dengan begitu anda bisa menempatkan dua jenis benda dalam satu tempat saja. 

Terapkan Konsep Minimalis
Untuk menyiasati ruang tamu anda yang sempit, anda harus bisa menerapkan konsep minimalis di ruang tamu anda. Konsep minimalis lebih condong ke arah kesederhanaan tapi tetap fungsional dan modern. Anda bisa menempatkan satu jenis benda dengan satu atau dua fungsi sekaligus sebagai contoh penerapan konsep minimalis ini. Dengan begitu walaupun sempit, ruang tamu anda bisa tetap berfungsi optimal

Atur Penempatan Barang
Setelah anda bisa memilah jenis barang yang akan ditempatkan di dalam ruang tamu, saatnya mengatur posisi atau penempatan barang-barang tersebut. Mulai lah dari ukuran. Sebaiknya anda juga memikirkan ukuran kursi atau sofa yang akan anda tempatkan. Jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu tinggi, cukup sofa kecil dan tempatkan dengan pola L atau bisa juga berhadapan atau pola U. Setelah memilah dari ukuran anda bisa menyesuaikan barang lain semisal penempatan rak dan TV. Selain itu jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran meja yang akan anda tempatkan di area ruang tamu. 

cukup tempatkan meja kecil di ruang tamu yang sempit
Meja ini bisa jadi penentu karena biasanya meja ditempatkan di tengah ruangan. Meja yang terlalu besar bisa langsung membuat kesan sempit bagi ruang tamu anda. Apalagi jika meja tersebut lebih tinggi dari tempat duduk. Cukup pilih jenis meja yang kecil dan tidak terlalu tinggi.

Artikel Terkait

Tips Untuk Ruang Tamu Yang Sempit
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar: