Sunday 15 May 2016

Formula Cat Tembok Ekonomis

Sebagai awalan, berikut saya berikan sebuah formula untuk membuat cat tembok ekonomis. Kenapa ekonomis? Karena dari sisi harga cat ini tergolong cat yang murah dari sisi harga. Namun untuk permulaan tidak ada salahnya bagi anda yang ingin mencoba membuat cat tembok untuk pertama kali. Jika sudah bisa membuat cat dengan formula berikut, anda bisa mengkombinasikan bahan dengan kualitas dan kuantitas yang bervariasi untuk meningkatkan kualitas dan harga jual nantinya.




Formula Cat Tembok Ekonomis


Pada proses grinding,  semua bahan dimasukan satu persatu sesuai urutannya perlahan sambil digiling dengan mesin giling (mixer) pada kecepatan sedang-tinggi hingga semua bahan terlihat halus terdispersi (homogen) dan berbentuk pasta kental. Jika terlalu kental, bisa ditambahkan sebagian air yang terdapat pada proses letdown. Setelah dipastikan halus, berbentuk adonan pasta kental, turunkan kecepatan mixer, lalu masukan satu persatu bahan pada proses letdown sambil dimix pada kecepatan rendah. Jika semua proses dilakukan dengan benar, formula diatas akan menghasilkan cat dengan spesifikasi di bawah ini.

Properties Cat
PVC,  %: 70.0
Volume Solids, %:  29.8
Weight Solids, %: 50.2
Stormer, KU: 94
ICI, poise: 0.9
pH,  initial: 8.3


Fi1m Properties :
Reflectance, %: 91.2
Sheen, 85: 1.1
Contrast  Ratio, 3-mil film: 0.959
ASTM Scrub  Cycles, with shim failure,  10%: 102
Color*:
Acceptance: Exc
Development : Exc

Bahan-Bahan yang dipakai dalam formula tersebut bisa anda cari sesuai merk dagangnya. Jika anda sulit menemukan, anda bisa cari bahan kimia merk lain dengan fungsi yang sama.

Anda bisa menambahkan pewarna sesuai keinginan anda. Biasanya digunakan pigment powder dengan jumlah maksimum 2% dari berat cat keseluruhan.

Sumber :
Ucar Emulsion Systems: Ucar Latex 353: Formulation
Suggestion 1-2460

Artikel Terkait

Formula Cat Tembok Ekonomis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

1 November 2019 at 13:43 delete

terimakasih untuk formula catnya

Elever

Reply
avatar